Pages

Jumat, 09 Desember 2011

Keakuratan Nama 'Isa dalam Quran & TEORI ASAL USUL NAMA MESIAS

Apa nama yesus secara historis?

Yesus dan bahkan kristen awal berbicara dalam bahasa aram. Banyak dalam Perjanjian Lama (PL), misalnya kitab Daniel merupakan bahasa aram meskipun bagian terbesar dari salinan tangan telah tiada selamanya. Baik Textus Receptus yunani sebagi rujukan Perjanjian Baru (PB), maupun Tanakh yang telah distandarisasi sebagai rujukan PL bukan bahasa asli mereka.

 
..portions of the Old Testament books of Daniel and Ezra are written in Aramaic...Jesus and the Apostles also spoke this language.

In the early Christian era, Aramaic divided into East and West varieties. West Aramaic dialects includ Nabataean (formerly spoken in parts of Arabia), Palmyrene (spoken in Palmyra, which was northeast of Damascus), Palestinian-Christian, and Judeo-Aramaic. West Aramaic is still spoken in a small number of villages in Lebanon
.

-Encyclopedia Britannica, Reference Index I, "Aramaic Language", page 476-

Kita juga dapat membaca bahwa ...

Parts of the books of Ezra and Daniel in the Bible were written in an Aramaic dialect, as were some notable Jewish prayers, such as the kaddish. Other important documents in Aramaic include portions of the Palestinian and Babylonian Talmuds and the Targum Onkelos, a commentary on the Pentateuch. Nabataean (the form of Aramaic current among the Nabataean Arabs), Samaritan, and Palmyrene were other significant ancient dialects of Aramaic.

Yesus berbicara dalam bahasa aram. Jadi, PB seharusnya mengacu padanya. Banyak dalam PL berbahasa aram juga, dan masyarakat kristen awal meliputi arabia dari palestina, Syria, Nabatea berbicara dalam bahasa aram.

Jadi apa nama Yesus dalam bahasa aram?

"EESHO M'SHEEKHA" -baca: iisyo masiikha- artinya Yesus sang Mesias. 
 
- "Eesho M'sheekha" dalam bahasa Syriac. Syriac adalah varian baru dari aramaic yang tersebar luas pada umat kristen, yang selanjutnya disebut "Christian Aramaic". 
 
- "Eesho M'sheekha" dalam bahasa Aram, diambil langsung dari "Peshitta". "Peshitta" adalah PB Aramaic dan lebih mendekati bahasa Yesus. 
 
Jadi, Yesus pernah memanggil dirinya "Eesho" -baca: isyo- atau Lebih spesifik "Eesaa" -baca:iisa-karena Yahudi Palestina Utara melafalkan huruf "Shin" -syin- dengan "Sin".

Kata 'Isa' dalam alkitab
Di bawah ini adalah gambar dari sebuah halaman yang diambil dari "International Bible Society translation in Farsi" dari pasal pertama Matius Kata-kata yang digarisbawahi berarti 'Isa Masih' atau 'Isa' berturut-turut. Hampir semua terjemahan alkitab selain bahasa Inggris (termasuk Arabic Bible) menggunakan nama Ibrani "Yeshua", oleh karenanya sangat mengejutkan ketika mendapati 'Isa Masih' masih digunakan dalam Farsi Bible. penggunaan 'Isa Masih' Dalam terjemahan Farsi Bible membuktikan dengan sendirinya bahwa penerjemah kristen benar2 dapat menerima Nama Qur'anic untuk Yesus.

Kesimpulan
Secara singkat, mari kita uraikan keseluruhan argumen untuk memudahkan pembaca memahaminya:

1. Kata 'Isa' (عيسى) dalam Quran berasal dari 'Isyo' () dalam bahasa Aram, sebuah bahasa yang mendahului bahasa Ibrani selama ratusan tahun dan tidak pernah memiliki ikatan etimologi dengan kata turunan Ibrani "Yeshua"(ישוע) atau bahkan "Esau" (עשו)

Karena yesus berbicara dan mengajar dalam bahasa Aram, Alquran sangat akurat mengambil namanya dalam bahasa Aramaic dan bukan Kata Turunan Ibrani "Yeshua"(ישוע)

2. Nama 'Yasua' (يسوع) untuk nama Yesus dalam Arabic Bible adalah hanya sebuah transliterasi dari nama Ibrani "Yeshua"(ישוע) dan sebuah pemahaman yang keliru untuk mengklaim bahwa itu adalah nama Arab yang benar untuk Yesus, karena sebagaimana dikatakan Bahasa Ibrani bukan bahasa asli Yesus. Sehingga ayat-ayat suci yang dengan jelas menyatakan bahwa Quran adalah Bahasa Arab murni dan sempurna tidak terbantahkan.

Jadi, keakuratan sejarah dari quran dalam penggunaan "isa" daripada "yasua" untuk nama Yesus patut untuk benar2 diperhatikan. "Yasua" sebenarnya didasarkan pada nomenclatur Ibrani yang bermasalah untuk Yesus yang beralaskan ketidak setujuan dan kontroversi. Tidak ada persetujuan sejarah atau kemiripan bahwa Nama yesus adalah dalam bahasa Ibrani bahkan bila rujukan2 tersebut mengacu pada yesus! 

Banyak penjelasan2 yang berlebihan yang berusaha meralat variasi nama Ibrani yesus ini, tapi semua didasarkan pada dugaan dan bukan atas bukti tekstual dan historis. Semua 
permainan etimologi yang cacat tersebut tumbang oleh fakta yang jelas bahwa bahkan Ibrani adalah bukan bahasa yesus. Memang, beban pembuktian ada di tangan dunia kristen untuk menghasilkan bukti dokumentasi atas keberadaan Yesus pada masanya. Sebagaimana Allah telah berjanji dalam firmanNya:

Al Qashash:75. Dan Kami datangkan dari tiap-tiap umat seorang saksi, lalu Kami berkata "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu", maka tahulah mereka bahwasanya yang hak itu kepunyaan Allah dan lenyaplah (kebohongan) dari mereka apa yang dahulunya mereka ada-adakan.

terjemahan bebas dari http://www.answering-christianity.com/name_of_jesus.htm dengan editting seperlunya.

taken from http://myquran.org/forum/index.php/topic,30806.0.html
same title
   



TEORI ASAL USUL NAMA MESIAS

THE STAR OF THE MESSIAH (BILANGAN 24:17) = THE NORTHERN STAR (MATIUS 2:2) 

Kamus leksikon Ibrani-Caldea Gesenius  dalam Perjanjian Lama menyatakan : 



Kata Ibrani Ish menurut definisinya adalah sebuah bintang utara yang terang atau bintang bintang pada rasi bintang utara 'Ursa Major'. Ursa Major diterjemahkan sebagai rasi "Beruang besar". Lebih terperinci memperhatikan catatan tepi sebelah kanan. "'ish" juga mengacu pada  "rasi beruang" yang juga sama dengan rasi bintang Utara yang disebutkan tadi.  

H.W.F. Gesenius terus menggambarkan hubungan kolaboratif di antara kata Ibrani Ish dan kata Arab 'Aasa dan 'Issa dan didefinisikan sebagai "pengintai malam". Dan ini berkolaborasi dengan detil besar dalam Qur'an. Dalam surat Ath Thariiq yang artinya  "Yang datang di malam hari" pada ayat 1-3 : 

Demi langit dan yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus."  (At-Thaariq:1-3]  

Mengenai ayat ke-3 Surat ini, Imam Suyuti berkata pada kitabnya "Ad Durul Mantsur fi Tafsir al Ma'tsur: 
"telah diriwayatkankan bahwa Ibnu Jarir berkata, dari Mujahid, tentang ayat ini: "Ini adalah bintang yang menembus cahaya" bahwa ini berarti bintang dari Ats Tsurayya." (Ad Durul Mantsur fi Tafsir al Ma'tsur, Jalaluddin As Suyuti)

"Ibnu Zaid berkata, Bahwasanya, ini adalah bintang dari At tsurayya."  (Imam Qurtubi, tafsir al-Qurtubi)

Dengan demikian, Qur'an juga merefer pada bintang Tsaur Ats Tsurayyah sebagai At Thariq. Korelasinya jelas dan keselarasan antara Qur'an dan pemikiran nubuatan pra-biblical, 2000 tahun sebelum penyusunannya. 

Tapi apa hubungannya "Bintang" dengan Yesus?
 
Terutama sekali, mungkin ini merupakan salah satu yang paling berpengaruh nyata secara historis tentang tanda  dari ramalan Mesias. 

"I shall see him, but not now: I shall behold him, but not nigh: there shall come a Star out of Jacob, and a Sceptre shall rise out of Israel..." (Numbers 24:17),

"Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel," (Bilangan 24:17)

"Saying, Where is he that is born King of the Jews? for we have seen his star in the east, and are come to worship him." (Matthew 2:2)

"dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." (Matius 2:2)

Pasal 2 Matthew merinci tentang tiga orang Majus yang mengikuti Bintang Utara dalam pencarian Mesias Yahudi. Ini adalah tanda Mesias yang paling terkenal. 

Kata Ibrani di ayat ini untuk "Bintang" adalah "Kokab" . Dari kata  "Kokab" ini muncul gelar "Kokhba" Yang diberikan atas Simeon bar Koziba ketika dia disahkan sebagai Mesias oleh  Rabbi Revolusioner Yahudi, Akiba ben Yosef. 

"Rabbi Akiba ben Joseph, a highly esteemed teacher of the period, enthusiastically supported the rebels and conferred the name Bar Kokhba (Son of the Star) upon their leader. Akiba also hailed him as the Messiah." [Encyclopedia Britannica, Reference Index V, page 872]  

Saat Bar-Kokhba di-salahasumsi-kan sebagai Mesias, dia terbunuh dalam pertempuran melawan Romawi pada tahun 135 A.D. Mengenai "Bintang" menjadi tanda dari Mesias: 

Kamus kata teologis Perjanjian Lama yang merupakan sebuah kompilasi dari Brown-Driver-Briggs dan Gesenius mendefinisikan "Kokab" sebagai:  

"1. star - a. of Messiah, brothers, youth, numerous progeny, personification, God's omniscience." 
[Theological Word Book of the Old Testament, Brown-Driver-Briggs, H.W.F. Gesenius]  

Nabi dinamai menurut kejadian di sekitar kelahiran mereka 

Adam אדמ /Aadam - berarti 'merah'; dimungkinkan berasal dari דמ /Dum - artinya 'darah'; Juga terkait dengan אדמה / Adamah - tanah garapan, darimana  manusia pertama, Adam, diciptakan. 

Sebelumnya, diterangkan nama Adam berasal dari דמ / dam (darah). Meskipun informasi tersebut adalah valid, setelah diteliti, yang lebih benar adalah dari אדמה / adamah (tanah)

"ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup." (Kejadian 2:7)  

Nuh נח /Noach dari נוח /Nuch - beristirahat. maksudnya "istirahat" pada saat kelahirannya pada ayat kejadian 5:29
  
Ishak יצחק /Yitzhaq - dari צחק /Tzahaq - tertawa . 

"Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya."
Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak? Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!"
Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak,"
 (Kejadian 17:16-19)

Ismail ישׂמעל /Yishmaael - dari שׂמ /shama - mendengar dan על / El - Tuhan" 
 
"Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu." (Kejadian 16:11)  

Musa משׂה /Mosheh - menarik 

"Ketika anak itu telah besar, dibawanyalah kepada puteri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya, dan menamainya Musa, sebab katanya: "Karena aku telah menariknya dari air." [Keluaran 2:10]  

Tiap-tiap Nabi dinamai dengan cara ini. Namun, ketika kita melihat kelahiran Yesus kita menemukan sebuah kontradiksi yang membingungkan dan suatu manipulasi pada Injil yang terungkap. 

Kelahiran Yesus: Kontradiksi dan Nubuat Tak Terpenuhi 

Kelahirannya yesus disebutkan dua kali pada Injil dalam dua catatan yang berbeda dan berlawanan. Sekali pada Injil Matius dan yang lain pada Injil Lukas. Sedangkang Injil Markus dan Yohanes memulai dengan kedatangannya Yohanes Pembaptis saat Yesus dewasa. Di antara catatan kelahiran dari Matius dan Lukas,  kita temukan satu benturan kontradiksi . 

KELAHIRAN YESUS MENURUT MATIUS

"Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" —yang berarti: Allah menyertai kita.  (Matius 1:21-23)

Pertama-tama, ini aneh. Bahwa tak seorangpun pernah memanggil Yesus dengan "Immanuel" dimanapun pada Bible. Ini merupakan suatu usaha untuk mencocok-cocokan Yesus dengan suatu nubuat yang dimaksud dalam Yesaya 7:14. Faktanya, ayat tersebut adalah sama sekali bukan merupakan nubuat kedatangan Yesus dan anak yang dipanggil Immanuel itu telah lahir dan menunjuk pada ayat setelahnya. Mari kita lihat konteksnya: 

"Dalam zaman Ahas bin Yotam bin Uzia, raja Yehuda, maka Rezin, raja Aram, dengan Pekah bin Remalya, raja Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya." [yesaya 7:1]  

TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: "Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas." Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN." Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel." (Yesaya 7 10-14)

Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Ambillah sebuah batu tulis besar dan tuliskanlah di atasnya dengan tulisan biasa: Maher-Syalal Hash-Bas." Maka aku memanggil dua saksi yang dapat dipercaya, yaitu imam Uria dan Zakharia bin Yeberekhya. Kemudian aku menghampiri isteriku; ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas, sebab sebelum anak itu tahu memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur." TUHAN melanjutkan lagi firman-Nya kepadaku: "Oleh karena bangsa ini telah menolak air Syiloah yang mengalir lamban, dan telah tawar hati terhadap Rezin dan anak Remalya, sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur dengan segala kemuliaannya; air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya, serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel!" (Yesaya 8:1-8)

Kita tidak perlu menjadi sarjana bibel untuk melihat bahwa, figur dari immanuel adalah satu tanda yang dijanjikan kepada Raja Ahaz, kemudian pada pasal selanjutnya anak tersebut lahir, kemudian akhirnya kita lihat anak itu nantinya dipanggil "immanuel". Yesus tidak pernah dipanggil "immanuel" oleh siapapun semasa hidupnya. Silahkan baca Yesaya 7 - 8 untuk melihat hubungan kalimat dari peristiwa ini. Ini tidak mempunyai hubungan apapun dengan Yesus. 

Fakta ini telah membuktikan bahwa Matius tidak menulis "Injil Matius". Apakah kita akan percaya bahwa Matius, seorang Rasul yang dekat dengan Yesus, salah informasi tentang Nubuatan Perjanjian Lama? Penelitian historis dengan cermat membuktikan, bahwa ini adalah usaha memanipulasi manuskrip oleh mereka yang tidak akrab dengan manuskrip, budaya, ataupun nubuatan Yahudi.  

KELAHIRAN YESUS MENURUT LUKAS

Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." (Lukas 1:31-33)  

Perhatikan catatan "keturunan yakub" yang merefer pada Bilangan 24:17 "bintang terbit dari Yakub". Ini sejalan dengan nubuatan Perjanjian Lama dan bersesuaian dengan sedikit dokumentasi historis kecil yang kita punya berkenaan dengan kelahiran dari Yesus. 

Catatan paling awal dari "Bintang dari Bethlehem" dibuat oleh Uskup dari Gereja dari Antiochia, Ignatius, pada awal abad ke-2 A.D. Dalam suratnya kepada orang orang efesus dia menulis: 

"How was he revealed to the world? A star shone forth high above all the stars in the skies, whose brilliance cannot be described and which was of a completely new type so that it aroused an amazement." [Ignatius, Ad Ephesios, Chapter 19:7]  

Dengan demikian, menunjukkan dengan jelas bahwa nama Yesus, yang menjadi 'Isa dari akar Arab 'Assa dan akar kata Ibrani 'Ish yang artinya "Bintang utara", jauh lebih kredibel dibandingkan referensi ke sebuah nama yang mana sama sekali tidak ada kesesuaian dengan nubuat alkitab atau bukti historis. Dengan bergantung pada nama yang salah untuk Yesus, "Yeshua " dan "Yahushuwa '", untuk memaksakan ide 'Seorang Juru Selamat Manusia-Tuhan', Kristen telah meletakkan keraguan atas keberadaan Yesus. Dia lahir sebagai Mesias, dan merupakan Bintang yang terbit dari keturunan Yakub, dan dengan demikian dia dinamai 'Isa dari 'Bintang Mesias'. "Yeshua ", "Yahushuwa ", "Immanuel",  adalah semua hasil dari belitan tangan Kristen dari Tanakh untuk memaksakannya demi mengatakan sesuatu yang tidak bersesuaian dengan Nubuatan Mesias Israel. 


dikutip dari:

http://shibli.zaman.net/eesa/ 


Note:

ثريّة, ثريّا Tsurayya dalam budaya arab (semitic?) merupakan kumpulan tujuh bintang dari rasi bintang Taurus. Matahari berada dalam taurus pada bulan 20 April-20 Mei (karenanya orang yang lahir di tanggal tersebut dikatakan berzodiak taurus).

Astrology, nujum, ilmu perbintangan telah digunakan oleh peradaban yang sangat tua. digunakan sebagai penunjuk arah atupun untuk meramalkan kejadian tertentu. Termasuk pula orang majus, yang mengamati pergerakan bintang bintang dan digunakan untuk menunjukkan tanda mesias. Mungkinkah ini juga mendukung teori bahwa Yesus lahir di musim semi (maret-mei) dimana menurut injil Lukas, ternak digembalakan pada malam hari?Sedangkan di yerusalem, waktu yang memungkinkan untuk melakukan hal itu adalah di musim semi?

Atau apakah yesus berzodiak taurus?? Yang artinya yesus lahir di bulan april-mei??  Hmmm

Same post as: http://myquran.org/forum/index.php/topic,39978.msg1172958.html#msg1172958